Suami Harus Memenuhi 7 Hak Istri Berikut Ini

1106 views

Islam sangat memperhatian urusan keluarga dan pernikahan. Islam juga memberi perhatian begitu besar pada sebuah keluarga agar mendapatkan keselamatan dan kebahagian di dalam pernikahan tersebut.

Keluarga itu diibaratkan satu lembaga yang terdiri dari dua orang yang sama-sama bekerja sama. Dan yang menjadi penanggung jawab adalah seorang suami. Allah SWT berfirman,

الرِّجَالُ قَوَّامُونَ عَلَى النِّسَاءِ بِمَا فَضَّلَ اللَّهُ بَعْضَهُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ وَبِمَا أَنفَقُوا مِنْ أَمْوَالِهِمْ ۚ فَالصَّالِحَاتُ قَانِتَاتٌ حَافِظَاتٌ لِّلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللَّهُ

“Laki-laki (suami) itu pemimpin bagi perempuan (istri), karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (perempuan), dan karena mereka (laki-laki) telah memberikan nafkah dari hartanya. Maka perempuan-perempuan yang shalih adalah mereka yang taat (kepada Allah) dan menjaga diri ketika (suaminya) tidak ada, karena Allah telah menjaga (mereka) …” (QS an-Nisaa’: 34)

Lembaga akan berlangsung baik dan tentram apabila istri menetukan hak-haknya dengan baik dan menjalankanya dengan baik pula.

Islam memerintahkan keduanya untuk menunaikan apa yang menjadi kewajiban dan tidak mempermasalahkan kesalahan sepele yang mungkin dilakukan.

Imam Ghazali menulis hak-hak istri yang harus dipenuhi suami di dalam kitab Kimiyaa’ al-Sa’adah (resep-resep kebahagiaan) yang mana salah satunya adalah harus menyenangkan istri dan menghormatinya. Selengkapnya, berikut ini hak-hak istri yang harus dipenuhi suami:

Loading...

1. Merayakan Hari Pernikahan
Pasangan suami-istri dianjurkan untuk merayakan pernikahan, walau tidak wajib akan tetapi hal ini dihukumi sunnah, yang terpenting merayakan dengan kemampuan masing-masing tidak perlu mewah.

Sebgaimana Nabi Muhammad merayakan pernikahannya dengan Shafiyah hanya memberi hidangan gandum dan kurma kepada para sahabatnya.

Sebagaimana Nabi Bersabda: “Buatlah suatu pesta perkawinan, meskipun hanya dengan seekor Kambing.”

Hal ini juga termasuk hak-hak istri sebab dengan begitu ia akan dihormati didalam kehidupan sosialnya.

2. Selalu Bersikap Baik Pada Istri
Salah satu cara bersikap baik kepada istri adalah membantu pekerjaan istri. Sebagaimana Nabi Muhammad yang selalu membantu pekerjaan istrinya dengan tangannya sendiri.

Tidak hanya itu saja, suami tidak bioleh menyakiti istrinya, suami harus melindungi istrinya.

Karena setangguh-tangguhnya perempuan itu hanya kelihatannya saja sebab pada dasarnya perempuan itu diciptakan untuk membutuhkan perlindungan.

3. Tidak Menghalangi Apa yang Membuat Istrinya Bahagia
Sebagai suami harus mendukung apapun yang membuat istrinya bahagia selama yang dilakukan baik. Sebagaimana Nabi Muhammad juga melakukan hal demikian kepada istri beliau.

Ketika Rasulullah dan Istrinya mengikuti lomba lari, pertama Nabi Muhammadlah yang menang dan yang kedua kalinya Siti Aisyahlah yang menang.

Diwaktu lain, beliau mengendong Aisyah hanya agar melihat orang Habsyi menari.

Walau sulit untuk menemukan seseorang yang demikian akan tetapi sebagai suami bisa berusaha mengerti dan berusaha meniru Rasulullah SAW.

4. Harus Menjaga Istrinya dan Tidak Tergoda Wanita Lain
Namun sebagai suami jangan sampai cemburu buta apalagi tanpa alasan dan terlalu over protective kepada istrinya.

5. Harus Mencukupi Kebutuhan Istri dan Jangan Pelit 
Ketahuilah wahai suami bahwa menafkahi istrimu jauh labih baik dari pada bersedekah. Rasulullah bersabda,

“Seandainya seorang laki-laki menghabiskan satu dinar untuk jihad, satu dinar untuk menebus seorang budak, satu dinar untuk sedekah dan satu dinar untuk memberi nafkah istri, maka pahala pemberian yang terakhir ini melebihi jumlah pahala ketiga pemberian lainnya.”

6. Jangan Makan Makananan Enak Sendirian Tanpa Istri
Sebab suami-istri disunnahkan untuk makan bersama-sama. Rasulullah SAW bersabda,

Jika mereka melakukan itu, maka Allah akan akan menurunkan rahmat-Nya atas mereka dan malaikat pun berdoa untuk mereka.”

7. Mencari Nafkah yang Halal
Suami harus memberi nafkah yang halal kepada istri. Sebab dengan demikian keluarga yang bahagia dan tentram akan tercipta. [islampos.com]

Tags: #Hak Istri #Memenuhi Hak Istri