Suami-Istri, Ini 6 Manfaat Bergandengan Tangan Untuk Kesehatan

1758 views

Pasangan suami-istri yang selalu bergandengan tangan ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Karena sentuhan fisik secara ilmiah memiliki efek positif.

Manusia membutuhkan manusia lainnya, jadi tidak heran ketika merasa nyaman saat bergandengan tangan dengan pasangan.

1. Menghilangkan Stres
Bagian paling sensitif terhadap sentuhan adalah kulit tangan, saat mendapatkan sentuhan dari tangan lain aliran darah meningkat dan detak jantung lebih teratur.

Menurut hasil penelitian University of Miami, berpegangan tangan bisa menurunkan hormon stres dalam tubuh, sehingga membuat suami-istri lebih tenang dan bahagia.

2. Meningkatkan Rasa Cinta
Hormon cinta atau biasa disebut hormon oksitosin biasanya akan meningkat di dalam tubuh saat menggenggam orang yang disayang.

Menurut penelitian Abbeyfield, 80% pasangan menikah mengaku ikatan cinta mereka semakin kuat jika sering berpegangan tangan.

Loading...

3. Baik Untuk Jantung
Jurnal Behavioral Medicine mempublikasikan hasil penelitian yang mengatakan, jantung seseorang akan berdetak kencang saat mengenggam tangan orang disayangin.

Itu karena hormon oksitosin yang dilepaskan lebih banyak sehingga tekanan darah menurun, sehingga kerja jantung lebih ringan dan jantung pun lebih sehat dan kuat.

4. Mengurangi Rasa Sakit Saat Melahirkan
Untuk suami, genggamlah tangan istrimu saat melahirkan karena itu bisa mengurangi rasa sakit saat proses persalinan.

Dengan menggenggam tangannya, istri merasa mendapat dukungan penuh dari suaminya sehingga mengurangi stres saat melahirkan.

5. Mengurangi Rasa Takut
Saat pasanganmu merasa cemas dan takut berlebihan maka genggamlah tangannya, karena menurut Psychological Science genggaman tangan memiliki arti bahwa dia mendapatkan dukungan dan bisa mengandalkan pasangannya.

6. Merasa Aman dan Nyaman
Suami-istri yang sering bergandengan akan merasa hidupnya lebih nyaman dan tenang. Karena bergandengan tangan itu adalah simbol cinta dan perlindungan suami kepada istrinya. [fimela.com]

Tags: #Gandengan Tangan #Genggaman tangan #Tangan Pasangan