Suka Tilawah Al-Qur’an, Ini 4 Keutamaannya Dari Allah

95 views

Menurut difinisi Tilawah punya tiga arti; membaca, memahami dan mengamalkan. Ada empat keutamaan tilawah Qur’an. Wahyu pertama yang turun pada Nabi adalah Iqra’ artinya bacalah bukan pahamilah. Turun kalimat Iqra’ agar dibimbing oleh Malaikat.

Allah Ta’ala berfirman:

لَا تُحَرِّكْ بِهِ لِسَانَكَ لِتَعْجَلَ بِهِ . إِنَّ عَلَيْنَا جَمْعَهُ وَقُرْآنَهُ . فَإِذَا قَرَأْنَاهُ فَاتَّبِعْ قُرْآنَهُ

“Jangan engkau (Muhammad) gerakkan lidahmu (untuk membaca Qur’an) karena hendak cepat-cepat (menguasai)nya. Sesungguhnya Kami yang akan mengumpulkannya (di dadamu) dan membacakannya. Apabila Kami telah selesai membacakannya, maka ikutilah bacaannya itu.” (QS. Al-Qiyamah: 16-18)

Apabila sudsah lancar membaca dan menjaga sifat huruf, Allah Ta’ala berfirman:

اتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلَاةَ ۖ إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنكَرِ ۗ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ

“Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al-Kitab (Alqur’an) dan dirikanlah salat. Sesungguhnya salat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (salat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadah-ibadah yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Ankabut: 45)

Dari Utsman bin Affan radhiyallahu ‘anhu (RA), Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam (SAW) bersabda: “Sebaik-baik kalian adalah yang belajar Alqur’an dan mengajarkannya.” (HR. Al-Bukhari)

Loading...

Sungguh bujur orang yang bisa tilawah, Sebab ia naik dari level Qira’ah ke tilawah. Dan ini 4 Keutamaan Tilawah Qur’an:
1. Dirahmati Allah sampai selesai tilawah.
2. Dihadiri Malaikat.
3. Dapat ketenangan.
4. Dipuji Allah di hadapan makhluk sampai tilawahnya selesai.

Tags: #Baca Qur'an #Hukmah Al-Qur'an #Talwah Al-qur'an