Tak Kunjung Punya Anak? Kenali 6 Penyebabnya Ini

2595 views

Tidak semua pasangan suami-istri diberi karunia keturunan, banyak dari mereka yang sudah lama menikah namun tidak kunjung memiliki anak. Mungkin ada beberapa hal yang menyebabkan pasangan suami-istri sulit untuk memiliki keturunan.

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Fertilitas, Endokrinologi, dan Reproduksi, Shanty Olivia Jasirwan mengatakan bahwa ada 6 hal yang menyebabkan pasangan suami-istri sulit untuk memiliki keturunan.

1. Stres
Stres bisa mempengaruhi kesehatan reprosuksi dan bisa berakibat buruk pada kesuburan. Ketika seorang wanita stres maka akan menurunkan kemampuan reprosduksi seorang wanita.

2. Berat Badan
Bagi perempuan, kelebihan berat atau terlalu kurus badan bisa mempengaruhi keseburuan. Obesitas atau kurangnya berat badan akan menjadikan hormon tidak seimbang dan terjadi gangguan evulasi.

Sedangkan bagi seorang laki-laki yang obesitas akan menurunkan kualitas sperma, kerusakan DNA dan studi mengatakan bahwa
disfungsi ereksi dapat disebabkan oleh faktor kegemukan.

3. Merokok
Efek samping dari mereka bukan hanya berdampak pada kesehatan namun juga berdampak pada kesuburan. Laki-laki yang merokok produksi spermanya akan menurun.

Loading...

Sedangkan pada wanita selain berbahaya pada kandungan juga mengacaukan hormon yang bisa mempengaruhi kualitas sel telur.

4. Menunda Usia Pernikahan Ataupun Kehamilan
Menunda kehamilan dengan alasan mengejar karir justru hal tersebut bisa mengambat untuk mendapatkan keturunan. Karena seorang perempuan kesuburannya akan menurun sesuai dengan bertambahnya usia. Apalagi ketika sudah berusia 37 tahun, ketika kualitas dan kuantitas sel telur menurun cepat dan akan menurun secara dtrastis sehingga akhirnya akan menopuse.

5. Terlalu Banyak Mengonsumsi Kafein
Terlalu banyak mengkonsumsi kafien diantarnaya adalah kopi, soft drink, coklat berkaitan dengan lamanya seseorang akan mendapatkan keturunan. Terlalu berlebihan mengkonsumsi fafien bisa mempengaruhi fungsi reproduksi wanita dengan mengganggu fungsi ovulasi dan perubahan kadar hormon.

6. Sering Terpapar Suhu Tinggi
Suhu udara yang terlalu tinggi terutama dibagian alat kelamin, misal merendam di kolam air panas bisa mengganggu kesuburan reprduksi sperma sehingga akan berkurang. Selain itu sering menggunakan celana ketat bisa menyebabkan suhu disekitar alat kelamin menjadi tinggi sehingga bisa berdampak buruk pada kualitas sperma.

Tags: #Pengaruh Sulit Hamil #Sulit Hamil