Tanpa Disadari 7 Jenis Ini Termasuk Kekerasan Pada Anak

788 views

Dalam mendidik anak orang tua bukan ganya mencukupi nutrisi saja, damun menberikan anak pendidikan dan tempat tinggal yang layak.

Seorang anak berhak mendapat perlindung dari orang tua dan bertanggung jawab dalam mendidik anak, dan jangan kelewat batas dalam membri pelajaran kepada anak.

Karena sering kali orang tua terlalu keras dalam mendidik anak sehingga memukuli anak sampai tejadi cedera tanpa dia tahu bahwa itu temasuk kekerasan.

Bukankah sebagai orang tua seharusnya menjadi pelindung bagi buah hatinya, maka dari itu orang tua harus tahu 7 jeni kekerasakan pada anak.

1. Kekerasan Mental
Kekerasan mental sering terjadi dan bahkan dianggap sepele oleh sebagian besar orang tua dalam mendidik anak.

Membentak anak ketika dia tidak menuruti perkataan orang tua akan membuat emosional pada anak terganggu dan akan memiliki trauma.

Loading...

2. Pengabaian
Mengabaikan anak merupaka kekerasan yang dilakukan orang tua, karena tidak peduli dan tidan memenuhi kebutuhan anak.

Bahkan orang tua enggan untuk berkomunikasi dengan anak sehigga dia tidak terurus, dan mengabaikan kesehatan dan pendidikannya.

3. Pengaruh Buruk
Sebagai orang tua kamu harus berhati-hati dalam bertindak dan bersikap di depan anak, karena akan membawa pengaruh buruk dalam pertumbuhan anak.

Pengaruh buruk tidak cuma dari orang tua namun juga dari lingkungan sosial, tanpa sadar itu merupakan kekerasan pada anak dan membentuk kekerasan lain.

4. Eksploitasi Anak
Kekerasan yang satu ini dimana orang orang tua memanfaatkan anak sebagai keuntungan bagi diri sendiri, dan seakan memperbudak anak.

Ketika memaksa anak umur 5 tahun di tuntut untuk mengurusi pekerjaan rumah dan memaksa anak untuk melakukan instruksi tertentu untuk kepentingan konten media sosial.

5. Kekerasan Fisik
Pada dasarnya orang tua hanya ingin mendidik anak supaya menjadi pribadi yang lebih baik, namun terkadang caranya yang salah.

Kekerasan fisik yang dilakukan kepada anak bahkan di anggap sepele agar anak menuruti perintahnya, adahal perlakuan itu tidak layak dilakukan dalam mendidik anak.

Dengan memukul, mencubit bahkan menampar anak bahkan sampai cedera hanya akan membahayakan pada fisik anak.

6. Kekerasan Seksual
Sebagai orang ua bukankah harus menjaga anak dan bertanggung jawab atas anak, menjaga anak dari lingkungan agar tidak terjadi kekerasan seksual.

Meski bukan orang tua yang melakukan tapi itu menjadi tanggung jawab orang tua, ketika seseorang meraba bagian tertenu dan mengintip bagian tertentu pada anak.

7. Penolakan
Ketika orang ua sudah mengabaikan anak maka akan terjadi kekerasan dimana orang tua cenderung memberi penolakan terhadap kebutuhan anak.

Sampai akhirnya anak seakan tidak diinginkan dengan menolak berkomunikasi dengan anak, menyalahkan anak, bahkan mengusir anak dari rumah karena tidak menuruti keinginan orangtua. [ibupedia.com]

Tags: #Jenis Kekerasan #Mendidik Anak #Tindakan Kekerasan