Telat Haid 6 Hari? Ketahui Beberapa Hal Ini

273 views

Telat haid memang menjadi hal yang dipertanyakan bagi perempuan, apalagi jika biasanya memiliki siklus haid yang lancar dan tertaru namun tib-tiba ia mengalami telat haid.

Walau telatnya selama 6 hari namun tetap saja perempuan merasa khawatir dengan siklus haidnya. Hingga ia melakukan test pack namun hasilnya negatif.

Perlu diketahui bahwa siklus menstruasi itu tidaklah sama, bisa jadi mundur atau maju namun normalnya beriksar angara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari.

Anda bisa menghitung siklus haid mulai dari pertama haid sebelumnya hingga hari pertama berikutnya. Karena walau talat datang bulan menjadi tanda kehamilan namun hal ini belum pasti.

Pemerikasaan test pack didasarkan pada cara bekerja marker kimiawi didalam tubuh yang disebut dengan human chorionic gonadotropin (hCG).

Yang mana hal ini tidak dipengaruhi oleh waktu pemeriksaan sehingga menggunakan test pack akan mendeketeksi tingkat kehamilan dengan ekauratan 99%.

Loading...

Bahkan garis tipis saja bisa menunjukkan bahwa hasilnya positif. Akan tetapi masih mungkin terjadi hasil negatif atau positif palsu.

Penyebab terjadinya hasil negatif palsu adalah kesalahan teknik pemeriksaan misal terlalu lama mencelupkan stirp atau ketika kadar hormon B-hCG dalam urin belum mencukupi.

Sehingga masih ada kemungkinan hasilnya akan negatif karena masih rendahnya kadar hormon yang ada.

Dalam keadaan ini ulangi pemeriksaan 1-2 minggu kemudian, atau langsung melakukan pemeriksaan kadar hormon B-hCG dalam darah untuk hasil yang lebih akurat, jika memang belum menstruasi juga.

Sedangkan beberapa kemungkinan dari hasil positif palsu diantaranya:

1. Hamil Kimia
Banyak yang mengalami kasus kehamilan tidak diketahui lalu mengalami keguguran namun disangka menstruasi.

Ketika melakukan test pack positif hamil namun masih mengalami menstruasi seperti biasa.

2. Waktu Pemeriksaan
Ketika melakukan tes kemilan kemudian dilakukan diluar standar yang berlaku maka akan membuat hasil tes positif, misal terlalu lama.

3. Pengaruh Obat atau Bahan Kimia
Penggunaan bahan kimia atau bbat-obatan tertentu bisa membuat hasil positif, seperti:

  • Bahan kimia atau sabun yang terkontaminasi pada urin
  • Obat diuretik dan obat anti Parkinson
  • Pemakaian b-hCG untuk terapi diet dan┬ákesuburan
  • Vitamin C dosis tinggi juga bisa mempengaruhi hasil tes

4. Tumor
Penyebab ke empat adalah karena memiliki tumor didalam tubuhnya sehinga menghasilkan b-hCG seperti tumor jaringan plasenta (trofoblastik), tumor indung telur yang menghasilkan b-hCG dll.

Selain itu, masih ada kehamilan di luar rahim (ektopik) dan kehamilan anggur (mola) yang juga dapat menyebabkan hasil positif akibat hormon b- hCG yang dihasilkan.

Kehamilan bisa diperiksa dengan test pack 1 hari setelah terlambat haid walau mungkin belum bisa terdeteksi sebab bisa jadi kadar hormon kehamilan masih rendah.

Jika hasilnya agak meragukan maka anda bisa mengulangi dan lakukan test pacak lagi pad aminggu ke dua jika haid tidak datang juga. Jika negatif maka kemungkinan besarnya anda memang tidak hamil.

***

Penting untuk diketahui bahwa kehamilan itu punya dua tanda utama, yaitu:

1. Kehamilan Tidak Pasti
Tanda-tanda kehamilan tidak pasti ini memiliki banyak variasi, diantaranya adalah:

  • Payudara nyeri dan semakin besar
  • Sering kencing
  • Cepat lelah
  • Merasa mual
  • Suhu tubuh meningkat
  • Daerah puting susu menghitam
  • Flek perdarahan dikarenakan perletakan hasil pebuahan ke dinding rahim

2. Kehamilan Pasti
Tanda-tanda kehamilan pasti memiliki ciri-ciri yang lebih sedikit, yaitu:

  • Janin terasa bergerak
  • Terdengar bunyi jantung janin pada aukultasi
  • Gambar janin terlihat pada USG atau scanning

Untuk mengetahui apakah positif hamil atau tidak disarankan untyuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan.

Sehingga bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan dan penunjang seperti laboratorium darah, USG sehingga bisa diketahui apakah anda benar-benar hamil atau tidak. [klikdokter.com]

Tags: #Telat Haid #Telat Haid 6 Hari #Telat Haid Ciri-ciri Hamil