Terlalu Bersih Mencuci Beras Bisa Menghilangkan Vitamin B1

1021 views

Sebelum memasak nasi tentu kita akan mencuci beras terlebih dahulu, akan tetapi jika kita terlalu bersih mencuci beras ternyata akan menghilangkan vitamin B1 yang ada didalam beras.

Sedangkan tubuh kita membutuhkan vitamin B1 sebagai energi. Juga bermanfaat untuk proses pencernaan, penyerapan sari makanan di dalam tubuh.

Hilangnya vitamin B1 tergantung pada proses pencucian beras yang kita lakukan. Jika kita terlalu mengaduk dan airnya sampai putih maka zat dan vitamin yang ada pada beras itu akan hilang.

Menurut Prof Dr Ir Rindit Pambayun, mengatakan jangan terlalu mengaduk beras ketika dicuci dan jangan sampai airnya menjadi bening.

Karena ketika mengaduk-ngaduk beras ketika dicuci bisa menghilangkan kandungan vitamin B1, apalagi jika dicuci secara berulang-ulang sehingga vitamin B1 akan hilang.

Vitamin B1 itu sangat dibutuhkan oleh tubuh, selain sebagai karbohidrat yang menjadi energi, vitamin B1 juga akan menjaga fungsi jaringan tubuh yang bisa mengoptimalkan kerja otak.

Loading...

Jika kita kekurangan vitamin B1 kita akan mengidap penyakit beri-beri yang ditandai pembengkakan pada betis, jika kita teman dengan jari maka akan cekung yang tidak mudah hilang.

Kita sangat membutuhkan vitamin B1 sekitar 1,5 mg/hari, sehingga pengelolaan sebelum memasak pun kita harus mencuci dengan benar jangan samapi dicuci berulang kali, diaduk bahkan hingga air berasnya menjadi jernih karena kandungan vitamin B1 nya akan hilang semua.

Jika beras yang kita pakai sudah be rStandar Nasional Indonesia (SNI) atau ISO (standar yang diterbitkan oleh International Organization for Standardization).

Maka beras tersebut tidak perlu dicuci berulangkali dan airnya hingga bersih karena standar sudah mewajibkan beras dalam kondisi bersih dan bebas dari residu zat kimia. [tagar.id]

Tags: #Jangan Sampai Bersih #Mencuci Beras #Menghilangkan Vitamin