Terlilit Hutang dan Tidak Tahu Cara Bayarnya? Baca Doa Ini Sebelum Tidur

868 views

Tidak semua orang memiliki rezeki yang cukup untuk kebutuhan keluarganya, adakalanya untuk bertahan hidup seseorang terpaksa berhutang demi bisa bertahan hidup.

Seringkali seseorang terlilit hutang karena berbagai alasan entah karena penghasilannya yang tidak mencukupi kebutuhan atau karena hal lainnya.

Oleh sebagian orang berhutang malah dijadikan sebagai kebiasaan dan gaya hidup hingga terlilit hutang dan tidak sanggup untuk membayarnya.

Ada pula bukan karena tidak sanggup membayar namun karena enggan untuk berusaha maksimal agar membayar hutang tepat waktu.

Sehingga tidak heran ketika mendengar kasus yang menyedihkan yang terjadi karena hutang yang belum juga terbayarkan. Ada yang mencuri atau bahkan ada yang bunuh diri karena merasa tertekan lantaran hutanya belum dibayar.

Yang harus kita sadari bahwa selalu ada jalan keluar bagi setiap masalah yang kita hadapai dan salah satunya adalah pasrah kepada Allah SWT.

Loading...

Sebagai manusia kita harus berusaha dan berdoa serta berserah diri kepada Allah yang maha esa salah satunya dengan cara berdoa.

Hutang Menurut Islam
Didalam syari’at islam sebenarnya hutang itu diperbolehkan namun dengan syarat ketika kita merasa bahwa kita benar-benar butuh dan dalam keadaan terdesak saja.

Jangan jadikan hutang sebagai kebiasaan karena bisa merusak akhlak dan kehidupan kita.

“Sesungguhnya seseorang apabila berhutang, maka dia sering berkata lantas berdusta, dan berjanji lantas memungkiri.” (H R. Al-Bukhari)

Biasanya seseorang yang terlilit hutang akan dengan sangat mudah terpengaruh oleh godaan setan sehingga melakukan perbuatan terlarang agar bisa melunasi hutanya dengan berbagai cara termasuk merampok dan mencuri.

Dari sini kita dapat melihat bahwa terlalu banyak hutang dan terlalu sering berhutng akan menimbulkan efek buruk terhadap kita.

Maka sebisa mungkin kita harus menghindari yang namanya hutang dan kalau pun kita sudah terjebak maka kita harus segera melunasinya serta diiringi doa kepada Allah SWT agar senantiasa diberi jalan keluar bagi kita.

Doa agar Hutang Bisa Lebih Mudah Diselesaikan
Kita bisa mengamalkan doa agar hutang kita cepat terlunasi, ada beberapa anjuran agar kita segera menyelesaikan kewajiban hutang dengan cepat.

Namun bukan hanya berdoa saja kita tetap harus berusaha mencari pendapatan bukan hanya mengandalkan doa.

Inilah amalan doa yang bisa kita baca sebelum tidur.

Telah diceritakan dari Zuhair bin Harb, telah diceritakan dari Jarir, dari Suhail, ia berkata,

“Abu Shalih telah memerintahkan kepada kami bila salah seorang di antara kami hendak tidur, hendaklah berbaring di sisi kanan kemudian mengucapkan,

اَللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَاوَاتِ السَّبْعِ وَرَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ، رَبَّنَا وَرَبَّ كُلِّ شَيْءٍ، فَالِقَ الْحَبِّ وَالنَّوَى، وَمُنْزِلَ التَّوْرَاةِ وَاْلإِنْجِيْلِ وَالْفُرْقَانِ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ شَيْءٍ أَنْتَ آخِذٌ بِنَاصِيَتِهِ. اَللَّهُمَّ أَنْتَ اْلأَوَّلُ فَلَيْسَ قَبْلَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ اْلآخِرُ فَلَيْسَ بَعْدَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الظَّاهِرُ فَلَيْسَ فَوْقَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الْبَاطِنُ فَلَيْسَ دُوْنَكَ شَيْءٌ، اِقْضِ عَنَّا الدَّيْنَ وَأَغْنِنَا مِنَ الْفَقْرِ

Latin:

Allahumma robbas-samaawaatis sab’i wa robbal ‘arsyil ‘azhiim, robbanaa wa robba kulli syai-in, faaliqol habbi wan-nawaa wa munzilat-tawrooti wal injiil wal furqoon. A’udzu bika min syarri kulli syai-in anta aakhidzum binaa-shiyatih. Allahumma antal awwalu falaysa qoblaka syai-un wa antal aakhiru falaysa ba’daka syai-un, wa antazh zhoohiru fa laysa fawqoka syai-un, wa antal baathinu falaysa duunaka syai-un, iqdhi ‘annad-dainaa wa aghninaa minal faqri.

Artinya:
“Ya Allah, Rabb yang menguasai langit yang tujuh, Rabb yang menguasai ‘Arsy yang agung, Rabb kami dan Rabb segala sesuatu. Rabb yang membelah butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah, Rabb yang menurunkan kitab Taurat, Injil dan Furqan (Al-Qur’an).

Aku berlindung kepadaMu dari kejahatan segala sesuatu yang Engkau memegang ubun-ubunnya (semua makhluk atas kuasa Allah). Ya Allah, Engkau-lah yang awal, sebelum-Mu tidak ada sesuatu.

Engkaulah yang terakhir, setelahMu tidak ada sesuatu. Engkau-lah yang lahir, tidak ada sesuatu di atasMu. Engkau-lah yang Batin, tidak ada sesuatu yang luput dari-Mu.

Lunasilah utang kami dan berilah kami kekayaan (kecukupan) hingga terlepas dari kefakiran.” (HR. Muslim no. 2713)

Imam Nawawi rahimahullah menyatakan bahwa maksud hutang dalam hadits tersebut adalah kewajiban pada Allah Ta’ala dan kewajiban terhadap hamba seluruhnya, intinya mencakup segala macam kewajiban.” (Syarh Shahih Muslim, 17: 33).

Didalam hadits diatas kita dianjurkan untuk membaca doa tersebut sebelum tidur dan posisi kita berbaring pada sisi kanan.

Dengan mengamalkan doa diatas semoga dimudahkan dalam segala urusan dan mengangkat kesulitan yang ada.

Serta tanamkan pada diri kita jika terlalu sering berhutang maka akan membahayakan. Sehingga kita akan selalu sadar diri dan tidak menjadikan hutang sebagai kebiasaan diri serta tak lupa untuk berdoa dan memperbanyak beribadah kepada Allah SWT. [tribunnews.com]

Tags: #Berhutang #Doa Hutang #Doa Segera Melunasi Hitang