Ternyata Ada Fir’aun Raja Mesir yang Beriman Kepada Allah

210 views

Fir’aun adalah sebutan bagi raja-raja penguasa negeri Mesir. Kebanyakan Fir’aun adalah orang yang dzalim dan ingkar pada Allah.

Syekh Khalid al-Jundi selaku Anggota Dewan Tertinggi Urusan Islam Mesir, menjelaskan perihal Firaun. Ternyata tak semua Fir’aun itu berarti kafir.

Al-Jundi menjelaskan bahwa tidak semua Firaun kafir, ada di antaranya ada yang taat kepada Allah SWT. Dan ada salah satu Firaun memang kafir.

“Sama halnya dengan zaman kita sekarang,  sebagian ada yang beriman dan sebagian lagi yang kafir,” terang Syekh Al-Jundi.

Pada setiap masa pasti ada golongan yang mukmin dan ada pula yang kafir. Allah SWT berfirman:

وَقَالَ رَجُلٌ مُؤْمِنٌ مِنْ آَلِ فِرْعَوْنَ يَكْتُمُ إِيمَانَهُ أَتَقْتُلُونَ رَجُلًا أَنْ يَقُولَ رَبِّيَ اللَّهُ وَقَدْ جَاءَكُمْ بِالْبَيِّنَاتِ مِنْ رَبِّكُمْ وَإِنْ يَكُ كَاذِبًا فَعَلَيْهِ كَذِبُهُ وَإِنْ يَكُ صَادِقًا يُصِبْكُمْ بَعْضُ الَّذِي يَعِدُكُمْ إِنَّ اللَّهَ لَا يَهْدِي مَنْ هُوَ مُسْرِفٌ كَذَّابٌ

Loading...

“Dan seseorang yang beriman di antara keluarga Fir‘aun yang menyembunyikan imannya berkata,

“Apakah kamu akan membunuh seseorang karena dia berkata, “Tuhanku adalah Allah,” padahal sungguh, dia telah datang kepadamu dengan membawa bukti-bukti yang nyata dari Tuhanmu.

Dan jika dia seorang pendusta maka dialah yang akan menanggung (dosa) dustanya itu; dan jika dia seorang yang benar, nis-caya sebagian (bencana) yang diancamkannya kepadamu akan menimpamu.

Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang yang melampaui batas dan pendusta.” (QS Ghafir: 28)

Al-Jundi melnajutkan penjelasannya, Alquran juga menyebutkan seseorang yang beriman dari keluarga Firaun, yaitu Asiya, istri Firaun.

Asiya merupakan salah satu dari  empat perempuan yang  diridhai dan akan masuk surga setelah Maryam putri Imran.

Alquran menyebutkan orang tersebut yang telah bersaksi lebih dari sekali dengan keimanan yang kuat.

Juga  para penyihir yang bersujud dan berkata, “Percayalah kepada Tuhan semesta alam, Tuhan Musa dan Harun, yang meskipun mereka disiksa dengan kejam, mereka tidak melepaskan iman mereka.”

loading...
loading...

Tags: #Angkuh Sombong #Raja Dzakim #Raja Mesir