Ternyata Allah Memuji Pendeta Nasrani Dalam Al-Qur’an

66 views

Dalam kelompok Nasrani ada istilah rahib dan pendeta. Pendeta ini biasanya mengasingkan diri menuju tempat sunyi (gunung dan lembah).

Mereka meninggalkan kenikmatan duniawi karena ingin menggapai ridha Tuhan mereka.

Seperti dikutip dalam buku “Rahasia Haji Umrah”, Imam Ghazali “Mereka senantiasa membenamkan diri dan dzikir dan tirakat yang berat karena menginginkan akirat,

Kata Imam Ghazali Usaha para rahib ini mendapat pujian dari Allah SWT. Pujian ini Allah SWT abadikan alam surat Al Maidah ayat 82:

ذَٰلِكَ بِأَنَّ مِنْهُمْ قِسِّيسِينَ وَرُهْبَانًا وَأَنَّهُمْ لَا يَسْتَكْبِرُونَ

“Yang demikian itu karena di antara mereka terdapat para pendeta dan para rahib juga karena mereka tidak menyombongkan diri.”

Loading...

Ibnu Katsir mengatakan, “Ali ibnu Abu Talhah telah meriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa ayat ini diturunkan berkenaan dengan An Najasyi dan teman-temannya,

yaitu ketika Ja’far ibnu Abu Talib membacakan Alquran kepada mereka di negeri Habsyah (Ethiopia), maka mereka menangis karena mendengarnya hingga membasahi janggut mereka.

“Akan tetapi pendapat ini masih perlu dipertimbangkan, mengingat ayat ini Madaniyah, sedangkan kisah Ja’far ibnu Abu Talib terjadi sebelum hijrah (yakni dalam masa Makkiyyah),” kata Ibnu Katsir dalam tafsirnya.

Menurut Said ibnu Jubair dan As Saddi,” ayat ini diturunkan berkenaan dengan delegasi Raja Najasyi yang diutus kepada Nabi SAW untuk mendengarkan ucapan Nabi SAW dan melihat sifat-sifatnya.

Tatkala mereka melihat Nabi SAW dan Nabi SAW membacakan Alqruan kepada mereka, maka mereka masuk Islam seraya menangis dan dengan penuh rasa khusyuk (tunduk patuh).

“Sesudah itu mereka pulang dengan Raja Najasyi dan menceritakan apa yang mereka alami kepadanya,” katanya.

Menurut As Saddi, Raja Najasyi berhijrah bersama Nabi SAW di Madinah, dan dia wafat di tengah perjalanan.

Riwayat ini hanya dikemukaka As Saddi sendiri, sebab sesungguhnya Raja Najasyi wafat dalam keadaan sebagai Raja Habsyah.

Dia disholatkan oleh Nabi SAW beserta para sahabat dan Nabi SAW memberitahukan kalau Raja Najasyi wafat di tanah Habsyah.

Menurut Ibnu Katsir, para ulama berbeda pendapat tenang bilangan delegasi Raja Najasyi.

Salah pendapat mengatakan bahwa jumlah mereka ada dua belas orang yakni tujuh orang di antara mereka adalah pendeta, sedangkan lima lainnya adalah rahib.

Dan pendapat lain mengemukakan sebaliknya. Dan pendapat lain mengatakan, jumlah mereka ada lima puluh orang; dikatakan pula ada enam puluh orang lebih, dan dikatakan lagi ada tujuh puluh orang laki-laki.

Menurut Atha ibnu Abu Rabah, mereka suatu kaum dari negeri Habsyah, mereka masuk Islam setelah kaum muslim yang berhijrah tiba di negeri Habsyah.

Adapun menurut Qatadah mereka adalah suatu kaum ridha dengan agama Isa ibnu Maryam.

loading...
loading...

Tags: #Agama Kafir #Pendeta Nasrani #Pujian Allah