Ternyata Dzikir Dapat Meningkatkan Kemampuan Saraf Otak. Ini Hasil Penelitiannya

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

“(Yaitu) orang-orang yang beriman dan tenteram hati mereka dengan zikrullah, ketahuilah hanya dengan mengingat Allah itu, hati menjadi tenteram.” (Ar-Ra’d, ayat 28)

Aktivitas pada otak hanyalah aktivitas bio-elektrik dengan melibatkan beberapa saraf dalam melakukan tugasnya untuk bekerja dengan sempurna.

Ada 14 juta saraf setiap hari yang membentuk otak dalam berinteraksi dengan 16 juta saraf tubuh lainnya.

Aktivitas-aktivitas yang dilakukan manusia, sebuah pemahaman atau ilmu merupakan manefestasi natijah dari aliran interaksi bio-listrik yang tidak terbatas.

Jika kita berzikir mengulangi kalimat-kalimat Allah, seperti Subhanallah dan lainnya, maka beberapa kawasan otak terlibat menjadi aktif.

Loading...

Hali Ini yang menyebabkan satu aliran bio-listrik pada wilayah saraf di dalam otak tersebut.

Jika zikir itu berulang-ulang kali dibaca, maka aktivitas saraf bertambah aktif serta samakin menambah tenaga bio-listrik.

Sehingga pada akhirnya kelompok saraf yang sangat aktif itu memberi pengaruh pada kelompok saraf yang lain agar sama-sama aktif. Dan akhirnya otak secara keseluruhan menjadi aktif.

Saat berdzikir Otak mulai memahami sesuatu yang baru, melihat dari perspektif berbeda dan semakin kreatif dan kritis, sebelum berzikir otak melakukan seperti itu.

Secara tidak langsung Otak yang segar dan fit dapat mempengaruhi hati dalam mengerjakan kebaikan dan kebenaran.

Majalah Scientific American, edisi Desember 1993, memuat hasil penelitian  laboratorium terhadap subjek ini.

Penelitian ini dilakukan di Universitas Washington. Dan tes ini dikerjakan dengan tes pemindaian PET untuk mengukur kadar aktivitas otak  secara tidak sadar.

Pada penelitian ini, relawan memegang satu daftar kata benda. Mereka harus  membaca kata demi kata itu satu persatu dan menghubungkan kata-kata pada kata kerja terkait.

Saat relawan melakukan tugas, terdapat beberapa bagian yang beda otak dengan peningkatan aktivitas saraf, termasuk di bagian depan otak dan korteks.

Menariknya dari penelitian ini adala jika relawan mengulangi daftar kata yang sama berkali-kali, maka aktivitas saraf otak merebak pada kawasan dan saraf lain.

JIka  daftar kata baru disodorkan pada mereka, aktivitas saraf meningkat lagi di daerah pertama.

Secara ilmiah Hal Ini membuktikan  bahwa kata yang diulang-ulang seperti perbuatan berzikir, dapat meningkatkan kebugaran otak.

Tags: #Kemampuan Otak #Otak Depan #Otak Kanan #Otak Kiri