Ternyata Jin dan Malaikat Satu Golongan?

148 views

Jin juga wajib beribadah kepada Allah SWT sebagaimana manusia. Konon jin termasuk satu rombongan dengan malaikat tapi akhirnya berkhianat?

Seperti yang terdapat dalam surat Al Baqarah ayat 34 bahwa iblis itu termasuk rombongan malaikat.

Jin adalah makhluk yang akan  menimbulkan keraguan pada hari manusia. Dalam Al Baqarah jin  dimasukkan rombongan malaikat.

Ketika para malaikat disuruh bersujud, mereka semuanya sujud kecuali Iblis yang taidak mau bersujud.

Jin diciptakan dari api dan malaikat itu adalah diciptakan dari Nur cahaya.

Menurut Buya Hamka jika ditinjau dengan teliti, secara bahasa Arab atau dari segi pergaulan sehari-hari, iblis yang  tidak mau sujud bersama-sama malaikat bukanlah karena iblis itu termasuk malaikat.

Loading...

Jika dalam surat Ar Rahman dijelaskan bahwa jin terbuat dari nyala api dan dalam surat Al Kahfi iblis itu adalah termasuk jin juga. Maka tidaklah ada lagi orang Islam yang beranggapan bahwa lblis adalah malaikat.

Ulama besar Al Hasan Al Bashri mengatakan, “Tidaklah iblis itu dari bangsa malaikat sekejap mata pun, tetapi iblis itu adalah asal jin, sebagaimana Adam adalah asal-usul manusia.”

Sebagaimana dalam Sabda Rasulullah SAW sendiri.

خُلِقَتْ الْمَلَائِكَةُ مِنْ نُورٍ وَخُلِقَ الْجَانُّ مِنْ مَارِجٍ مِنْ نَارٍ وَخُلِقَ آدَمُ مِمَّا وُصِفَ لَكُمْ

Malaikat diciptakan daripada Nur (cahaya). Dan lblis dijadikan dari nyala api. Dan Adam diciptakan dari apa yang telah disebut kepada kamu. (Riwayat Muslim dari Aisyah).

Jadi, menurut Prof Buya Hamka, iblis itu dari api, saat disuruh sujud pada Adam bersama malaikat, kembalilah ia pada tabiatnya aslinya yaitu pembangkang.

Tags: #Makhluk Jin #Para Malaikat