Ternyata Pada Usia 6 Tahun Sayyidina Husain Telah Meriwayatkan Banyak Hadits Nabi SAW

Dua insan kesayangan Nabi Muhammad dialah Sayyidina Hasan dan Husain. Sayyidina Husain Radhiallahu anhu usianya lebih muda  satu tahun dari Sayyidina Hasan Radhiyallah anhu.

Dalam usia enam tahun dia bisa mengingat ilmu yang diajarkan Rasulullah melalui hadits Rasulullah.

Syaikhul hadits Maulana Muhammad Zakariyya Al Kandahlawi dalam kitabnya Fadhilah Amal mengatakan bahwa para ahli hadis memasukkannya dalam golongan sahabat yang meriwayatkan delapan hadist.

Di antara hadist yang Sayyidina Husain terima adalah. “Aku mendengar Baginda Rasulullah SAW bersabda, “seorang muslim baik laki-laki maupun wanita yang tertimpa suatu musibah, lalu beberapa lama kemudian musibah itu teringat kembali dan membaca innalillahi wa inna ilaihi rojiun,

Dengan demikian bahwa ia akan mendaptkan pahala sama dengan ketika ia kena musibah tersebut.

Dia juga meriwayatkan bahwa Baginda Nabi SAW bersabda,” jika umatku mengendarai perahu, dan ketika akan menghendakinya ia membaca.

Loading...

 

وَقَالَ ارْكَبُوا فِيهَا بِسْمِ اللَّهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا ۚ إِنَّ رَبِّي لَغَفُورٌ رَّحِيمٌ

Dengan menyebut nama Allah pada waktu berlayar dan berlabuhnya. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar maha pengampun lagi maha penyayang. (Surah Huud ayat 41), maka ia akan terhindar dari tenggelam.”

Syekh Maulana Muhammad Zakariyya Al Kandahlawi mengatakan, bahwa Sayyidina Husain Radhiyallahu anhu telah melaksanakan ibadah haji 25 kali dengan berjalan kaki.

Ia juga sangat banyak sholat, puasa dan sedekah dan memprioritaskan seluruh amalan agama.

Suatu ketika Sayyidatina rabiah Radhiallahu’ anha bertanya kepada Sayyidina Husain, “Adakah sabda Baginda Rasulullah SAW yang engkau ingat?” Ya berjawab, “suatu ketika aku naik dan berdiri di sebuah jendela. Di sana ada tumpukan buah kurma.

Lalu aku mengambilnya dan meletakkan kurma itu di mulutku, lalu Baginda Rasulullah SAW bersabda,” Buanglah! kita tidak boleh memakan sedekah! “

Baginda Nabi SAW bersabda dengan riwayat Sayyidina Husein, di antara kebaikan Islam seseorang adalah jika ia meninggalkan perbuatan sia-sia (dari kitab Usudul Ghabah dan Istiab)

Bukan hanya hadits-hadits itu. Akna tetapi kata Syekh Maulana banyak hadits Nabi SAW yang telah diriwayatkan oleh Sayyidina Husain.

Tags: #CucuNabi #Hasan Husen #Perawi Hadits