Ternyata Zakat Sudah Ada pada Pra-Islam

322 views

Membayar Zakat adalah salah satu rukun Islam. Ibadah ini bukan hanya bernilai pahala bagi seorang yang beriman. Zakat juga mempunyai nilai sosial yang sangat tinggi. Sebab, dengan mebayar zakat terjadi sebuah interaksi empatis dan simpatis antara orang yang membayar zakat dengan yang menerima zakat.

Menurut Ahmad Azhar Basyir, zakat ternyata sudah pernah dilaksanakan sebelum kedatangan agama yang dibawa nabi Muhammad. Sebuah Kegiatan seperti donasi yang dilakukan yang semacam zakat telah dikenal bangsa-bangsa kuno di Asia.

Hal ini terjadi karena adanya pandangan hidup di kalangan bangsa-bangsa Timur, meninggalkan kesenangan yang bersidat duniawi adalah sebuah perbuatan terpuji dan bersifat kesalehan dan kebajikan.

Sebaliknya, memiliki kekayaan duniawi seperti harta uang dan lain-lain akan menghalangi orang dalam memperoleh kebahagiaan hidup di surga.

Pada syariat Nabi Musa AS, zakat telah dikenal, namun hanya dikenakan pada kekayaan yang berupa binatang ternak, sapi, kambing, dan unta. Dan Zakat yang wajib dikeluarkan adalah 10% dari nisab yang ditentukan.

Bangsa Arab jahiliyah mengenal sistem sedekah khusus, sebagaimana disebutkan dalam Alquran surah Al-An’am ayat 136.

Loading...
وَجَعَلُوا لِلَّهِ مِمَّا ذَرَأَ مِنَ الْحَرْثِ وَالْأَنْعَامِ نَصِيبًا فَقَالُوا هَٰذَا لِلَّهِ بِزَعْمِهِمْ وَهَٰذَا لِشُرَكَائِنَا ۖ فَمَا كَانَ لِشُرَكَائِهِمْ فَلَا يَصِلُ إِلَى اللَّهِ ۖ وَمَا كَانَ لِلَّهِ فَهُوَ يَصِلُ إِلَىٰ شُرَكَائِهِمْ ۗ سَاءَ مَا يَحْكُمُونَ

Artinya, “Dan mereka menyediakan sebagian hasil tanaman dan hewan (bagian) untuk Allah sambil berkata menurut persangkaan mereka, ‘Ini untuk Allah dan yang ini untuk berhala-berhala kami.’ Bagian yang untuk berhala-berhala mereka tidak akan sampai kepada Allah, dan bagian yang untuk Allah akan sampai kepada berhala-berhala mereka. Sangat buruk ketetapan mereka itu.” (Al-An’am ayat 136)

Orang-orang Jahiliyah menyisihkan hasil panen atau peternakan mereka untuk berdonasi. Akan tetapi, donasi ini hanya berdasarkan syak-wasangka mereka, bukan risalah wahyu dari Allah SWT. Lebih buruk lagi, mereka menyisihkan hartanya untuk dipersembahkan kepada berhala-berhala. Dan Tindakan ini tak lebih daripada kemusyrikan belaka.

loading...
loading...

Tags: #Zakat Harta #Zakat Praislam #Zakat Ternak