Tips Agar Terhindar Dari Hal Kecil Pemicu Pertengkaran Suami-Istri

1191 views

Tak ada yang bisa menghindari pertengakran antara suami-istri. Ketika sudah menikah akan ada banyak konflik yang terjadi misal seperti perselingkuhan, masalah ekonomi, masalah mendidik anak, masalah dengan tetangga bahkan masalah sikpa buruk suami.

Bahkan sering kali terjadi pertengakran itu terjadi karena hal yang sepele yang mungkin dilakukan setiap hari sehingga menjadi duri didalam eprnikahan.

Misal: perbedaan mengenai pola asuh masing-masing dari keluarga, antara suami dan istri berbeda. Contoh suami dari keuargayang santai terhadap kerapian sedangkanistri di didik selalu rapi.

Sehingga akan menjadi maslaha ketika sang suami gampang meletakkan sesuatu bukan pada tempatnya.

Hal-hal kecil seperti merokok yang dibuang sembarangan, tidak membawa piriingnya ketika sudah makan dll.

Ketika sang sitri sudah lelah memperiangati karena sudah terlalu sering menegur sang suami maka pertengakran pun terjadi. Lalu bagaimana cara menyikapi hal tersebut?

Loading...

1. Duduk Bersama Bicarakan Hal yang Tak Disukai
Ketika da hal yang tidak disukai dari pasangan, maka ajak pasangan anda duduk bersama dan bicarakan hal-hal yang tidakdisuka dair pasangan, sama-sama belajar memperbaiki diri demi kebaiakan bersama.

Walau suami sebagai imam namun jangan sampai bersikap seperti raja, sebagai suami harus mempunyai hak dan kewajiban yang sama dengan istrinya.

Pasangan suami-istri harus sama-sama mengingatkan karena orang tua adalah panutan bagi anak-anaknya.

Jika suami sembarangan meletakkan pakaian, maka sebagai istri harus menyediakan wadah khusus dan meminta suami untuk memasukkan pakaian kedalam wadah yang sudah disediakan, agar terlihat rapi sehingga istri bisa merapikan ketika memiliki waktu luang.

Jika suami suka membuang puntung rokok sembarangan sebagai istri harus menyediakan tempat rokok, sehingga apapun masalahnya harus dicari solusinya.

2. Menjaga Komunikasi
Kita harus berusaha menjaga komunikasi dengan baik secara langsung atautidak. Apalagi kita berada di jaman digital maka kita harus mengandalkan teknologi yang ada.

Sehingga tak ada alasan jauh sebab teknologi sudah memudahkan kita.

Apapun masalahnya dari yang kecil hingga masalah besar bisa diselesaikan dengan sangat cepat. Bisa menggunakan chat, telepon, email atau lainnya.

3. Biasakan Untuk Diri Minta Maaf dan Berterima Kasih
Jangan jadi pasangan yang enggan untuk meminta maaf apalagi jika melakukan kesalahan, jangan gengsi, terutama jika sudah melakukan kebaikan maka biasakan untuk mengatakan terimakasih kepada pasangan kita.

Ketahuilah bahwa kata maaf dan terimaksih adalah dua kata ajaib yang bisa mempererat hubungan.

4. Segera Selesaikan Masalah
Banyak dari pasangan yang menyepelekan masalah dan tidak berusaha diselesaikan hanya karena mengangap masalah sepele.

Mereka pikir tanpa perlu diperbincangkan atau krena kesibukan. Padahal hal ini tidak benar, sekecil apapun masalahnya harus segera diselesaikan agar tidak semakin membesar hingga berakhir di pengadilan.

Maka sangat disayangkan jika ada masalah yang sepele dan melebar pada masalah yang besar.

5. Meluangkan Waktu Untuk Rekreasi Bersama
Banyak pasangan yang beranggpan bahwa rekreasi atau liburan hanya buang-buang waktu dan uang saja padahal hal tersebut bisa menjadi sarana untuk mempererat pernikahan.

Ketika sedang bersantai pasangan suami-istri bisa meluapkan semua perasaannya, apapun itu ahraus dikatakan kepada pasangan, hal yang membahagiakan atau hal yang menyakitkan.

Berbeda jika masalahnya diungkapkan ketika sedang banyak pekerjaan, sedang capek atau waktu yang tidak tepat tentu hasilnya akan sia-sia.

Maka dari itu jangan remehkan masalah sepele yang bisa jadi akan menjadi bom waktu yang bisa meledak dan menghancurkan pernikahan.

Demikianlah 5 tips yang bisa membantu pasangan suami-istri agar tidak terjadi pertengakran didalam rumah tangga. [ummi-online.com]

Tags: #Menyelesaikan Masalah #Terhindar Dari Pertengkaran