Tips Agar Tidak Membanding-bandingkan Diri Sama Orang Lain

1822 views

Hal paling buruk yang sering menyerang kita adalah cenderung membandingkan diri dengan orang lain.

Melihat orang lain selalu lebih dan lebih sehingga merasa rendah diri. Padahal ini hanya akan mengancurkan diri sendiri dan menambah beban bagi kita.

Sehingga kita harus bisa mencari cara untuk melindungi diri kita agar tidak membandingkan diri dengan orang lain.

1. Mencintai Diri Sendiri
Yang harus kamu lakukan adalah mencintai dirimu sendiri. Apapun yang ada di dalam dirimu terima dan syukuri, jangan hanya melihat kekuranganmu, namun lihat juga kelebihanmu.

Percaya diri itu perlu, sehingga kamu akan menjadi seseorang yang unik. Tak usah sibuk memikirkan orang lain dan ingin lebih dari mereka, cukup fokus pada hidupmu agar tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

2. Fokus Pada Kehidupan Sendiri
Jangan hanya fokus pada kehidupan orang lain agar tidak mudah membandingkan diri, lebih baik perbaiki dirimu.

Loading...

Yang harus kamu lakukan adalah bersyukur, menghargai, dan memahami diri sendiri agar tidak sibuk membandingkan diri dengan orang lain.

3. Jangan Silau Dengan Postingan di Sosmed
Setiap hari kamu disuguhkan dengan psotingan orang yang seolah-olah hidup mereka selalu bahagia, selalu lebih baik dari kamu.

Padahal faktanya di dunia nyata tidak selalu seperti itu, mereka yang seolah-oleh mewah di sosmed bisa jadi hidupnya masih kurang beruntung ketimbang kamu. Jadi jangan silau.

4. Pikirkan yang Penting-penting Saja
Fokuslah pada hal-hal penting yang harus dilakukan sehingga kamu tidak akan sibuk membandingkan diri dengan orang lain.

Jika tidak menemukan kesibukan diri, lebih baik iktu kegiatan diluar yang bermanfaat dan buatlah daftar yang ingin kamu lakukan minggu depan, bulan depan, hingga tahun depan.

5. Berbahagia Dengan Pencapaian Orang Lain
Dari pada sibuk bersedih, gelisah dan resah karena iri dengan pencapaian orang lain, lebih baik ikut berbahagia dengan apa yang telah mereka capai, khususnya teman kamu.

Kamu bisa ucapkan selamat kepada dia atas apa yang sudah raihnya, sekaligus kamu jadikan motivasi agar kamu lebih baik lagi.

6. Miliki Visi Misi Hidup
Semakin kamu tahu kemana tujuanmu maka hidupmu semakin terarah, sehingga tidak akan mudah membandingkan diri dengan orang lain.

Jika kamu sudah menemukan visi dan misi hidupmu, maka segala proses hidup akan kamu nikmati tanpa sibuk memandang iri kepada orang lain. [fimela.com]

Tags: #Membandingkan Diri #Motivasi Hidup #Sifat Iri