Tips Menjadi Ibu Rumah Tangga Bahagia

160 views

Menjadi ibu rumah tangga bukanlah suatu hal yang mudah, terutama bagi perempuan yang memiliki pekerjaan diluar rumah.

Seperti kisah wanita ini yang setiap harinya bekerja lalu memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga setelah kelahiaran anak pertamanya.

Tentu banyak yang menyayangkan karena memilih menjadi ibu rumah tangga sedangkan dirinya susah-susah kuliah tapi memilih untuk menjadi ibu rumah tangga, termasuk orang tuanya sendiri merasa kecewa.

Ia memilih berhenti bekerja karena tidak ingin melewatkan pekembangan buah hatinya. Sebab pertumbuhan sang anak bagaikan emas yang tidak bolah dilewatkan.

Padahal perempuan harus memiliki pendidikan yang tinggi memang untuk anaknya karena ibulah sekolah pertama bagi anak-anaknya.

Awalnya ia sangat menikmati perannya sebagai ibu namun seiring berjalannya waktu ia pun mulai merasa bosan bahkan capek. Karena ternyata menjadi ibu rumah tangga itu pekerjananya tidak pernah selesai.

Loading...

Disamping buah hatinya aktif, ia harus memasak, mencuci piring juga baju yang menggunung hingga harus membersihkan rumah yang sellau berantakan.

Disampiang ia merasa capek dengan perannya menjadi seorang ibu masih digosipin karena ujung-ujungnya hanya menjadi ibu rumah tangga padahal sudah sekolah tinggi hingga sarjana.

Entah kenapa ia merasa frustasi mendengar omongan tetangganya disamping itu juga ia melihat teman-temannya terlihat keren berangkat kerja dengan penampilan yang menarik. Ia semakin merasa tidak percaya diri bahkan merasa bodoh dan lebih parahnya ia sering bertengkar karena merasa tidak bahagia.

Padahal masih banyak dari mereka yang menjadi ibu rumah tangga yang bahagia karena sangat menikmati perannya.

Bahkan tidak sedikit single parent yang bisa menjalani perannya dengan sangat baik, lantas kenapa ia merasa frustasi padahal masih memiliki satu anak?

Jawabannya adalah karena imannya lemah. Pemahaman tentang peran seorang ibu sudah ia pahami hingga memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga. Akan tetapi karena lemahnya iman sehingga pikiran negatifnya muncul dan bikin kacau suasana hati.

Karena sebetulnya kebahagiaan itu bukan dari suami, bukan pula dari Allah SWT akan tetapi bagaimana caranya kita bersyukur. Jika kita tidak bisa bersyukur maka kita tidak akan bahagia karena Allah sudah memberikan nikmat yang begitu besar kepada kita.

1. Mememiliki Pemikiran yang Positif
Sebagai manusia kita harus senantiasa meningkatkan iman kita kepada Allah SWT karena sifat iman itu sendiri mudah berubahubah dan naik turun.

Sebagai ibu rumah tangga maka harus senantiasa memperbaiki diri serta memperbanyak ilmu tentang iibu rumah tangga.

Jangan sampai beranggapan bahwa menjadi istri sebagai pembantu melainkan sebagai bukti cinta kepada suami juga anak. Bagi ibu yang melihat sisi baiknya ia akan melihat bahwa menjaid ibu rumah tangga adalah hal yang mulia.

Karena selain menunaikan kewajiban ia juga mendapatkan pahal yang berlimpah jika melakukannya dengan ikhlas.

Karena hanya orang yang memiliki pemikiran yang positiflah yang akan tetap memaksimalkan peranya dan tidak akan terpangruh pada omongan orang lain.

2. Menyibukkan Diri dan Menjadi Ibu yang Kreatif
Orang modern itu tidka sibuk dengan orang lain ia senantias amemanfaatkan waktu dan peluang dengan baik.

Maka jadilah ibu yang baik yang super sibuk dengan hal-hal baik sehingga tak ada waktu untuk memikirkan hal buruk apalagi gosip murahan.

Ketika pekerjaan rumahnya selesai maka ia harus memanfaatkan waktu yang ada dengan berbagai kegiatan.

a. Manfaatkan Waktu Dengan Membuka Usaha
Perempuan itu selalu tertarik jika urusan belanja, maka sekali-kali jadilah penjual agar tidak selalu membeli. Lihat kedalam dirimu potensi apa yang anda miliki, bisa memasak, menjahit bahkan bisa menulis buku.

Hal ini akan membahagiakan, disamping disibukkan dengan kegiatan juga bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah.

Juga bisa menepis omongan orang lain soal capek sekolah tinggi-tinggi justru menjadi ibu rumah tangga. Anda juga bisa membuktikan bahwa menjadi ibu rumah tangga juga bisa menghasilkan uang.

b. Menyibukkan Diri Dengan Mengikuti Kajian
Orang yang tidak memiliki banyak ilmu akan menjadikan dirinya memiliki pemikiran negatif. Sebagai ibu rumah tangga maka harus banyak membaca, banyak menimba ilmu demi meningkatkan kualitas diri.

Dengan menyibukkan diri dengan memiliki pemikiran lebih terbuka juga akan memiliki pemikiran yang positif, juga tidak akan terpangeruh oleh omongan orang lain. [ummi-online.com]

Tags: #Full Mommy #Ibu Bahagia #Ibu Rumah Tangga