Tips Mudah Hidup Damai Sama Mertua

1770 views

Tinggal satu atap dengan mertua memang memiliki tantangan tersendiri. Karena banyak yang mengeluh dan merasa menderita karena tinggal bersama mertuanya.

Semua menantu ingin hidup damai bersama mertunya, akan tetapi tidak semudah itu, masih banyak mertua yang tidak bisa damai dengan menantunya.

Berikut ini beberapa tips untuk anda agar bisa hidup damai dengan mertua:

1. Suami Bukan Milik Kita
Jangan merasa bahwa mertua adalah milik kita. Suami kita tetap sepenuhnya menjadi milik ibunya. Jika ridho istri ada pada suaminya, maka ridho suami tetap ada pada ibunya.

Seorang istri wajib berbakti kepada suaminya sedangkan suami tetap wajib berbakti kepada istrinya.

Inilah yang sering dilupakan seorang istri bahwa suami milik istri sepenuhnya, padahal ada perempuan lain yang lebih berhak atas suaminya yaitu ibunya.

Loading...

Sadarlah bahwa istrihanya perempuan kedua setelah ibunya yang dari kecil selalu menjaga serta membesarkannya.

2. Sisihkan Sebagian Penghasilan Suami Untuk Mertua
Suka tidak suka, mampu tidak mampu, istri hendaknya membiasakan diri menyisihkan uang untuk diberikan kepada mertuanya.

Karena mertualah yang sudah membiayai suami sejak kecil hingga mengahsilkan uang sendiri. Sedangkan kita sebagai istri mengenal suami hanya ketika sudah memiliki gaji.

Maka dari itu hendaknya kita menyisihkan uang untuk diberikan kepada mertua. Meskipun sedikit namun yang terpenting berkelanjutan, Insya Allah akan diganti dengan lebih banyak lagi oleh Allah SWT.

3.Mudahkan Urusan Mertua Kita
Sebagai menantu harus peka, karena terkadang mertua merasa sungkan untuk meminta bantuan sehingga istrilah yang harus peka.

Misal mertua ingin ke pasar kitalah yang harus mengantarkannya. Kita harus membantu hal-hal kecil denganpenuh keikhlasan agar mertua senang dan yang kita lakukan berbuah ibadah.

4.Berikan Perhatian
Memberi perhatian kepada mertuanya atau membantu mertua agar tetap sehat. Pasti mertua akan merasa sennag jika memiliki memantu yang sangat perhatian dan menjaga kesehatannya.

5.Jangan Lupa Membeli Oleh-oleh
Ketika pergi ke luar rumah maka hendaknya membeli oleh-oleh. Meski tidak mahal hendaknya menantu jangan pernah melupakan oleh-oleh untuk mertuanya.

Jika sudah memiliki anak, kita bisa meminta tolong kepada anak untuk memberikan oleh-oleh tersebut, hal ini bertujuan agar anak bisa menyayangi neneknya.

6.Lembutkanlah Hati Mertua Dengan Hadiah
Jika memiliki rejeki lebih maka belikan mertua hadiah, karena siapapun akan merasa bahagia jika diberi hadiah.

7.Ajak Mertua untuk Bepergian Bersama
Ajak mertua liburan bersama, entah sekedar makan di luar, ke tempat wisata atau silaturrahmi ke tempat saudara,

8. Berikan Perhatian Pada Saudara dan Kerabat Mertua
Walau hal ini terlihat sepele namun ternyata efeknya sangat besar. Mertua akan merasa bahagia ketika memiliki menantu yang perhatian kepada saudara-saudara mertua, kerabat mertua atau kepada mereka yang telah berjasa kepada metua.

Selain membalas budi, hal ini juga bisa mengkokohkan persaudaraan. Lakukan dengan ikhlas dan tanpa pamrih.

9. Jaga Kesehatan Suami Dengan Sungguh-sungguh
Sebagai istri kita harus menjaga kesehatan suami gara mertua tidak merasa khawatir kepada anaknya.

10. Meminta Maaf
Meminta maaf kepada mertua bukan hanya ketika lebaran saja. Kita harus meminta maaf agar hubungan kita membaik dengan mertua.

11. Tutupi Aib Mertua
Apapun aib mertua kita harus menutupinya. Karena membuka aib kepada siapapun apalagi kepad aorang tua sendiri tetaplah tidak baik.

Sebagai muslimah kita harus menjaga aib orang lain apalagi mertua yang sudah menjadi ibu kandung sendiri.

12. Bersabar
Sabar itu tidak ada batasnya, apapun yang terjadi tetaplah sabarkan hati. Ingatlah bahwa mertua kita sudah tua, kita sebagaimenantu yang lebih muda maka kita harus memiliki stok rasa sabar yang lebih banyak.

Itulah 12 tips agar bisa hidup damai dengan mertua. Walau tinggal satu atap dengannya semoga Allah SWT senantiasa memberi kesabaran serta menjadi menanti idaman. [ummi-online.com]

Tags: #Akur Dengan Mertua #Hidup Damai #Hidup Dengan Mertua