Tips Sukses Berkomunikasi Sama Pasangan

1521 views

Salah satu hal yang paling intim adalah komunikasi terutama didalam rumah tangga, karena kita tidak pernah bisa lepas dari komunikasi.

Dengan komunkasi kita bisa menyampaikan semua pendapat kita, isi hati kita bahkan perasaan kita.

Jika kita salah dalam berkomunikasi maka tidak jarang akan menyebabkan perselisihan. Yang awalnya kita sangat dekat bisa menjauh bahkan bermusuhan hanya karena salah berkomunikasi.

Terkadang salah dalam menyampaikan sehingga terjadi salah paham. Begitu pula dengan pasangan kita sehingga kita harus bisa menjaga komunikasi segingga pernikahan tetap berjalan baik dan harmonis.

Berikut ini, setidaknya ada sembilan hal yang perlu pasangan suami-istri perhatikan ketika berkomunikasi dengan pasangannya:

1. Jadilah Pendengar yang Baik
Ketika pasangan kita curhat maka kita harus antusias mendengarkan ceritanya, kita harus sabar mendengarkan keluh kesahnya serta kita harus sabar menjadi pendengarnya. Dengarkan penuh perhatian agar pasangan anda merasa dihargai.

Loading...

2. Berik Waktu Pasangan Untuk Menyampaikan Keluh Kesahnya
Kita harus memberi waktu kepada pasangan kita untuk menceritakan masalahnya atau sekedar curhat keluh kesahnya.

Jangan egois yang hanya mau menang sendiri tanpa mau menerima penjelasan pasangan anda.

3. Jangan Memegang HP Ketika Pasangan Bercerita
Usahakan jangan melakukan aktifitas apapun ketika sedang bercerita dengan pasangan, contohnya jangan memegang smartphone untuk main sosmed, browsing, dll.

4. Fokuskan Perhatian Kita Hanya Kepada Pasangan
Belajarlah untuk bertanggung jawab, bahwa ketika sudah menikah jalan hidupmu bukan hanya kamu sendiri, tapi juga pasanganmu.

Utamakan urusan keluarga dan pasanganmu ketimbang urusan teman, untuk menghindari rasa cemburu dan rasa tidak diperhatikan dalam hati pasanganmu.

5. Jangan Memotong Pembicaannya
Ketika pasanganmu sedang menyampaikan keluh kesahnya jangan sampai memotong pembicaraan dia, apalagi sampai kamu curhat saat pasanganmu sedang curhat

6. Jangan Menghakimi Pasangan
Jangan gampang mengambil kesimpula sebelum kamu mendengar keseluruhan dari penjelasan pasanganmu.

Jangan juga menyepelekan perasaan hati pasanganmu, karena bisa saja yang dialami lebih kompleks dari yang kamu pikirkan.

7. Harus Tahu Waktu yang Tepat Untuk Memberi Masukan
Kamu harus bisa mencari waktu yang tepat untuk membersi solusi atas masalah pasanganmu. Karena jika tidak, yang ada bukan kamu memberi solusi, tapi malah bikin pasanganmu tersinggung.

8. Jangan Menggurui
Sifat dasar manusia itu tidak mau didekti dan digurui, sekali pun dia butuh solusi. Jadi, saat kamu memberi masukan, jangan sok menggurui, jangan sok tahu, jangan sombong. Intinya jangan berlebihan agar tidak menyakiti hati pasanganmu.

9. Jangan Memaksakan Pendapat
Saat kamu memberi solusi, jangan memaksakan pendapat bahwa masukan/solusi kamu yang paling benar.

Cukup beri dia waktu watuk untuk menangkan diri, sehingga pasangan kamu bisa berpikir jernih, dan bisa memilah mana solusi terbaik yang harus diambil atas semua saran yang kamu berikan.

Demikianlah beberapa hal yang harus kita perhatikan ketika berkomunikasi dengan pasangan, sehingga hubungan pernikahan akan menjadi harmonis. [ummi-online.com]

Tags: #Cara Berkomunikasi Dengan Pasangan #Tips Komunikasi yang Baik