Untuk Keberkahan Sebuah Keluarga, Lakukan 3 Petunjuk al-Qur’an Ini

1022 views

Dalam sebuah keluarga bukan hanya yang terdiri dari suami istri dan anak. Sejatinya keluar memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan nasib suatu negara.

Dengan khusus Allah mengingatkan kepada kita dalam firman-Nya,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

“Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS 66: 6).

Untuk memperbaiki negara kita harus dimulai dari memperbaiki suatu kelurga. Tiga langka dalam upaya memperbaiki sebuah keluarga, sebagai berikut:

Pertama, Tanamkan Tauhid
Untuk memperbaiki kualitas keluarga adalah dengan menanamkan nilai-nilai ketauhidan dan melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari. Karena itulah yang dicontohkan rasul kepada keluarga, anak, dan istrinya.

Nabi Ibrahim dan Ya’qub berpesan pada anak-anaknya,

Loading...
وَوَصَّىٰ بِهَا إِبْرَاهِيمُ بَنِيهِ وَيَعْقُوبُ يَا بَنِيَّ إِنَّ اللَّهَ اصْطَفَىٰ لَكُمُ الدِّينَ فَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنتُم مُّسْلِمُونَ

“Dan Ibrahim mewasiatkan (ucapan) itu kepada anak-anaknya, demikian pula Yakub. “Wahai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini untukmu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan Muslim.”(QS 2: 132).

Perhatikan yang dicontohkan Luqman kepada anaknya.

وَإِذْ قَالَ لُقْمَانُ لِابْنِهِ وَهُوَ يَعِظُهُ يَا بُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ ۖ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ

”Dan (ingatlah) ketika Lukman berkata kepada anaknya, ketika dia memberi pelajaran kepadanya, ”Wahai anakku! Janganlah engkau mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezhaliman yang besar.” (QS 31: 13).

Kedua, Saling Menasehati
Dengan saling menasihati, keluarga akan selalu terjaga dari kemaksiatan dan kemungkaran dan terbina hubungan harmonis dan sakinah.

Ketiga, Perbanyak Doa
Doa memohon kebaikan dan keberkahan dalam keluarga.

Allah memberikan teladan lewat doanya Ibadurrahman,

وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

”Dan orang-orang yang berkata, “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.”(QS 25: 74).

Tags: #Berkah Keluarga #Keluaraga Muslim #Membina Keluarga