Wanita Lebih Mudah Menuntut Cerai Ketimbang Pria, Ini Penjelasannya

813 views

Tidak sedikit istri meminta cerai, bahkan banyak menggugat cerai suaminya. Benarkah perempuan memang lebih mudah memutuskan cerai dari pada laki-laki?

Berdasarkan penelitian pada tahun tahun 1940, dilancir dari goodhousekeeping,com, perempuan lebih mudah berinisiatif meminta bercerai dibandingkan pria.

Sementara penelitian pada tahun 2009-2015 di Amerika yang melibatkan 2262 menyatakan bahwa 69% perceraian terjadi karena permintaan perempuan.

Akan tetapi, baik laki-laki maupun perempuan memiliki kecenderungan untuk mengakhiri pernikahannya jika sudah demikian.

Di dalam syari’at Islam, ketika pria mengucapkan talak pada istrinya berarti talaknya sah, walau diucapkan dalam keadaan marah. Beberapa ulama fiqih juga berpendapat yang seperti itu talaknya tetap sah.

Sedangkan perempuan, meski seribu kali mengucapkan kata cerai maka tidak bisa menjatuhkan talak. Perempuan hanya bisa melakukan gugutan cerai dan itu pun harus memenuhi persyaratan yang sesuai syariat Islam.

Loading...

“Wanita mana saja yang meminta kepada suaminya untuk dicerai tanpa kondisi mendesak maka haram baginya bau surga” (HR Abu Dawud no 2226, At-Turmudzi 1187)

“Para wanita yang berusaha melepaskan dirinya dari suaminya, yang suka khulu’ (gugat cerai) dari suaminya, mereka itulah para wanita munafiq.” (HR. Nasa’i 3461)

Untuk memperkuat hadits diatas kami mengutip pendapat al-Munawi dalam kitab at-Taisiir bi Syarh al-Jaami’ as-Shogiir:

“Yaitu para wanita yang mengeluarkan biaya untuk berpisah dari suaminya tanpa alasan yang dibenarkan secara syariat.Beliau juga menjelaskan makna munafiq dalam hadis ini, ‘Munafiq amali (munafiq kecil). Maksudnya adalah sebagai larangan keras dan ancaman. Karena itu, sangat dibenci bagi wanita meminta cerai tanpa alasan yang dibenarkan secara syariat’.” (at-Taisiir bi Syarh al-Jaami’ as-Shogiir, 1:607).

Maka dari itu sebagai perempuan harus benar-benar memperhatikan calon suami sebelum menikah.

Karena banyak pria yang hanya ingin mempermainkan, maka dari itu jangan sampai mudah terjatuh dalam perceraian karena sudah membangun pernikahan. [ummi-online.com]

Tags: #Mengakhiri Pernikahan #Menuntut Cerai #Minta Cerai