Yang Harus Suami Lakukan Ketika Istri Menyusui

767 views

Banyak yang beranggapan bahwa menyusui hanyalah tugas seorang ibu dan tidak bisa digantikan oleh seorang ayah.

Karena sukses tidaknya dalam menyusui tergantung bagaimana peran seorang suami didalamnya.

Jika suami dan istri mampu bekerja sama dengan baik maka anaknya pun akan tumbuh dengan baik berkat pemberian Asi secara eksklusif.

Sehingga sang suami harus mengetahui apa saja yang bisa dilakukan untuk mendukung sang istri untuk menyusui. Ini yang harus suami lakukan saat istri menyusui:

1. Belajar Tentang Pentingnya Menyusui
Belajarlah tentang menyusui, bacalah sebanyak mungkin tentang pentignya menyusui, mulai dari manfaatnya bagi sang anak juga sang istri.

Belajar perjuangan apa saja yang dialami oleh seorang ibu untuk menyusui , maka denan demiian sang suami akan mengetri peran istri ketika masa-masa menyusui sehingga ia akan paham apa yang harus ia kerjakan.

Loading...

2. Membantu Istri Dalam Proses Menyusui
Menyusui memang menyenagkan akan tetapi kegiatan ini cukup melelahkan. Karena sekali menyusui sang ibu membutuhkan waktu berdiam selama 15 menit dan dalam sehari semalan sang bayi bisa menyusui kurang lebih 8-12 kali, maka tentu sang ibu akan mengalami yang namanya kelelahan fisik.

Begitu banyak waktu seorang ibu yang tersita untuk menyusui anaknya, belum lagi ditambah dengan mengganti popok dan pekerjaan rumah lainnya.

Suami bisa membantu meringankan beban istri dengan cara mengangkat si bayi dan meletakkan dipangkuannya, mengambilkan tisu karena terkadang asinya tumpah dan mengambilkan air minum untuk sang istri karena terkadang sang istri merasa haus setelah lama menyusui.

3. Menemani
Wanita itu mudah terharu dengan hal-hal sepele yang dilakukan oleh suaminya. Contoh ketika sang istri harus terbangun untuk menyusui buah hatinya maka usahakan sang suami juga bangun untuk menemani sang istri.

Tentu sang istri akan merasa sangat bahagia dan merasa beruntung memiliki suami yang demikian, sang istri merasa aman dan nyaman, hal inilah yang akan membantu meningkatkan produksi ASI.

Sebab rasa nyaman, aman dan bahagia akan membuat hormon prolaktin dan oksitosin pada istri meningkat, sehingga ASInya lancar.

4. Membantu Menyelesaikan Pekerjaan Rumah Tangga
Walau pun suami sudah bekerja untuk mencari nafkah namun ketika sang istri berada dalam masa menyusui maka langkah lebih baik sang suami meluangkan waktunya untuk membantu pekerjaan sang istri.

Mencuci baju dan menjermu pakaian bukanlah hal yang buruk untuk dilakukan terutama diusia 0-2 tahun yang mana bayi seringkali mengganti popok sehingga cucian pasti akan menumpuk.

Jika pun tidak bisa membangu maka sang suami bisa mencarikan asisten rumah tangga.

5. Membantu Merawat si Kecil
Istri akan merasa sangat bahagia jika memiliki suami yang ikut merawat anaknya, misal mengganti popoknya, atau hal-hal lainnya sehingga sang istri merasa tidak sendiri mengasuh anaknya.

6. Membantu Memperhatikan Sang Istri
Terkadang istri lupa pada dirinya sendiri karena saking bahagianya merawat dan memperhatikan buah hatinya.

Padahal ketika menyusui dibutuhkan asupan gizi yang cukup, maka peran suami sangat dibutuhkan untuk memeprhatikan gizi istrinya agar ibu dan anak sama-sama sehat.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakuakn suami untuk meringankan beban istri dalam proses menyusui. Sebagai suami harus berperan aktif agar membuat istri merasa bahagia, nyaman, tenang dan bahagia.

Serta istri akan terhindar dari stres juga frustasi sehingga buah hatinya akan berkembang dengan baik. [ummi-online.com]

Tags: #Istri Menyusui #Suami Meringankan beban Istri